Jumat, 16 September 2016

Dwi Rian

"Perang" Indonesia dalam Rakornas Pariwisata



Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-3 Pariwisata 2016 di Ecovention, Ecopar Ancol, Jakarta, akan digelar pada 15-16 September mendatang.

 Dalam Rakornas yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomar) Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya itu diprediksi, iklim persaingan dengan Malaysia dan Thailand bakal semakin terasa.

Suasana “perang” untuk merebut yang terbaik di sektor pariwisata akan terlihat jelas. Akan ada peluncuran dasbor M-17 yang ikut dikibarkan di Ecopark Ancol.

Ini adalah teknologi digital yang menjadi bagian dari skenario ketiga tadi. Melalui dasbor M-17, semua lini di Kempar, mulai dari pemasaran, pengembangan destinasi dan industri, hingga kelembagaan dan SDM pariwisata, semua akan berbasis pada digital.

Penampakannya sudah bisa dilihat di Lantai 16 Gedung Sapta Pesona. Dasbor berupa layar sentuh LED sudah terpasang di kantor Kempar.

Dasbor ini memiliki sejumlah layar untuk memonitor dan menampilkan data informasi mengenai pemasaran mancanegara; pemasaran, perkembangan destinasi dan industri pariwisata nasional; serta kelembagaan dan SDM pariwisata.

Informasi kedatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) secara nyata dan terkini (real up date) dari seluruh pintu masuk terpantau melalui dasbor ini.

 Dengan koneksi host to host dengan imigrasi (Kemkumham), setiap wisman yang masuk melalui pintu imigrasi saat itu juga bisa terdata oleh Kempar.

Data-data teknis real up date terkait jumlah wisman, asal negara, umur, dan jenis kelamin ini sangat dibutuhkan untuk menganalisa pasar berdasarkan timeline maupun originasi.

Selain itu, dasbor juga memonitor serta menampilkan data informasi perkembangan destinasi dan industri pariwisata nasional, termasuk perkembangan 10 destinasi teratas sebagai “Bali Baru” secara langsung.

Misalnya, perkembangan mulai dari land clearing, ground breaking, pembangunan fisik sudah selesai berapa persen berikut laporan perkembangannya, terpantau langsung dari layar.

Sedangkan dasbor untuk kelembagaan dan SDM pariwisata memonitor antara lain capaian target sertifikasi tenaga bidang pariwisata, pelatihan hospitality, maupun kebutuhan tenaga kerja pariwisata di masing-masing daerah, yang setiap bulan terus diperbarui.


Dwi Rian

About Dwi Rian -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :