Minggu, 18 Desember 2016

Dwi Rian

Tips Menjaga Kebugaran Badan Menjelang Berangkat Umroh



Melakukan ibadah umroh adalah salah satu dambaan sebagian besar umat islam, termasuk saya. Untuk bisa melaksanakan umroh, saya yang merupakan orang Indonesia tentu harus menempuh perjalanan jauh ke Mekkah dan Madinah untuk mengikuti rangkaian ibadah selama umroh. Hal ini, menuntut kesiapan materi, mental dan juga fisik. 

Bagi mereka yang sudah berusia lanjut, melakukan ibadah umroh tentu terasa lebih berat karena kekuatan dan stamina fisik yang sudah mulai menurun. Oleh karena itu, untuk yang sebentar lagi berencana akan pergi umroh, sebaiknya lakukan beberapa persiapan fisik untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Jadi, selain berbagai perlengkapan umroh  apa saja yang harus dibawa, kita juga perlu memperhatikan kondisi tubuh.

1. Rutin Olahraga 
Merutinkan olahraga ringan seperti lari-lari kecil, senam ringan atau jalan kaki akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Olahraga ringan ini cocok untuk mereka yang sudah berusia lanjut, dimana fisiknya tidak lagi terlalu kuat untuk melakukan olahraga berat. Membiasakan jalan kaki juga akan sangat bermanfaat saat umroh nanti karena sebagian besar aktivitasnya mengharuskan para jamaah berjalan kaki.

2. Hindari Stress
Menjaga kondisi psikis menjelang keberangkatan umroh tidak kalah penting. Pikiran yang stress serta dipenuhi dengan berbagai masalah akan membuat tidak fokus dalam beribadah serta pelurusan niat. Kondisi psikis yang stress juga dapat memicu timbulnya penyakit, oleh karena itu usahakan untuk menghindari berbagai hal yang dapat membuat stress. Memperbanyak ibadah adalah salah satu terapi psikis yang sangat baik misalnya memperbanyak sholat atau membaca al-quran.

3. Menjaga Pola Makan
Jika sebelumnya anda memiliki kebiasaan makan secara tidak teratur, maka sebaiknya atur pola makan menjadi lebih baik. Konsumsi juga makanan dan minuman yang bergizi. Jika anda memiliki pantangan makanan karena faktor adanya penyakit, maka hindari makanan tersebut.

4. Minum Multivitamin
Sebagai penunjang kebugaran tubuh, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi multivitamin. Namun, bagi anda yang sudah tua sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli, multivitamin apa yang cocok dan aman untuk dikosumsi.

5. Lakukan Check Up
Melakukan konsultasi dan check up mengenai kondisi kesehatan tubuh sebelum berangkat umroh sangat penting untuk mengetahui info kesehatan terkini serta agara mendapat arahan yang tepat dari dokter. Dengan mengetahui bagaimana kondisi tubuh maka akan lebih mudah menentukan obat apa saja serta alat kesehatan apa yang perlu di bawa selama umroh.



Dwi Rian

About Dwi Rian -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar