Senin, 29 Mei 2017

Dwi Rian

14 Informasi tentang Pesawat Terbang yang Tidak Benar


Kamu pasti sering mendengar informasi yang aneh tentang pesawat terbang yang belum teruji kebenarannya.

Nah, pas banget nih kali ini kita akan membahas tentang mitos-mitos beserta penjelasan faktanya terkait penerbangan.

ASehingga kamu enggak takut lagi dan pengetahuan kamu bertambah.
 

1.    Terbang tinggi itu berbahaya, karena nanti akan jatuh dan mati
Mitos tersebut jadi mitos yang paling sering seliweran di masyarakat. Nyatanya, pesawat yang terbang sangat tinggi akan lebih rendah risiko jatuhnya.

Pasalnya, tekanan udara menjadi menurun mengikuti ketinggian troposfer di mana pesawat terbang di zona ini, gaya gravitasipun semakin berkurang.

Saat cruise pesawat memasuki zona teraman, pilot biasanya akan menghidupkan autopilot. Sangat jarang terjadi kecelakaan pada saat cruise, terakhir kalinya terjadi pada medio 80an saat Saudi Air bertabrakan dengan pesawat lain karena kesalahan koordinasi dan elevasi terbang.

2.    Pesawat yang melewati Cumulonimbus pasti jatuh
Awan Cumulonimbus sering dijadikan kambing hitam dalam kecelakaan pesawat, padahal kenyataannya hanya beberapa pesawat saja yang pernah menjadi awan Cumulonimbus

Penyebab mitos ini berkembang karena adanya pemberitaan media massa yang memberitakan Air Asia QZ570 dan Adam Air hilang dan jatuh karena awan Cumulonimbus.

Faktanya, kejadian Air Asia dan Adam air memang murni kecelakaan karena kurang baiknya kondisi pesawat. Pilot biasanya akan mengalihkan jalur jika awan Cumulonimbus terlalu luas dan besar. Atau akan melakukan pendaratan darurat.

3.    Pesawat yang disambar petir pasti jatuh
Faktanya, setiap pesawat terbang telah dibekali anti petir. Petir akan dialihkan kembali ke bumi walaupun pesawat akan mengalami mati listrik selama beberapa menit.

4.    Lebih aman lewat jalur darat daripada udara
Ini lebih tentu 100% benar lho.

5.    Avtur jika digunakan di sepeda motor atau mobil akan membuat sepeda motor meledak
Nyatanya, Avtur memiliki RON yang hampir sama dengan Bahan bakar Mobil balap dan Sepeda Motor Balap. Kendaraan tidak meledak, tetapi hanya mengalami sedikit overheat jika menggunakannya.

6.    Pesawat bisa berhenti di udara
Informasi ini enggak benar banget ya! Faktanya, pesawat membutuhkan kecepatan agar tetap bisa terbang. Jika kehilangan kecepatan, maka pesawat akan jatuh perlahan. Berbeda dengan helikopter yang memiliki design baling-baling yang bisa membuatnya terbang statis.

7.    Pesawat menunggu penumpang
Ingat, Pesawat tidak sama dengan angkutan darat yang menunggu penuh lalu berangkat.

8.    Tanpa tiket kertas, kamu tidak bisa berangkat
Yang benar adalah, tanpa booking number kamu tidak bisa check-in. Tiket di atas kertas itu bukanlah segalanya, kehilangan tiket bukanlah kiamat, kamu masih bisa printing di Customer Service maskapai di bandara asalkan nomor booking mu masih ada.

9.    Menunggu panggilan petugas bandara, baru melakukan check-in
 “Kepada penumpang penerbangan AA123 agar segera memasuki ruang tunggu”

Itu adalah panggilan terakhir penumpang tanda Check-in time akan berakhir. Jika menunggu panggilan ini baru melakukan check-in, kamu bisa  bisa saja gagal berangkat, karena antrean check-in sangat panjang.

10.    Jika tak memberikan makan, berarti pesawat itu pelit
Pesawat ini bukan pelit, tapi memotong fasilitas yang membuat biaya penerbangan mahal. Kata yang tepat untuk orang berparadigma seperti ini “tau diri!”.

11.    Beli tiket malam hari lebih murah 
Malam hari adalah waktu yang tidak baik untuk memesan tiket. Tepatnya pada pukul 20.00 hingga tengah malam atau pukul 02.00 pagi.

Pada jam ini, tiket biasanya akan lebih mahal. Hal ini berlaku pada semua Low cost Carrier(pesawat tiket murah) kecuali Air Asia.

Kamu ingin mendapatkan tiket murah, tanpa menunggu malam hari atau siang hari? Untuk info harga tiket pesawat murah, hanya ada di Reservasi.com, diskonnya hingga Rp1 Juta lho.

12.    Pesawat membuang sisa metabolisme manusia saat terbang
Setiap pesawat dilengkapi septic tank yang akan dikeluarkan saat mendarat.

13.    Jika ada lubang di bagian tubuh pesawat, penumpang akan terhisap keluar
Tenang, ini cuma berlaku di film, karena faktanya adalah tabung penumpang pesawat adalah tabung bertekanan.

Lubang kecil di tabung pesawat akan membuat kadar oksigen berkurang. Jika oksigen berkurang maka pilot akan menurunkan ketinggian. Dan tidak mungkin kamu terhisap keluar, kecuali lubang itu sangat besar.

14.     Makanan yang diberikan saat terbang, dimasak di dalam pesawat
Saat ini hanya Boeing 747 new generation dan Airbus A380 yang menyediakan outlet makanan di dalam pesawat, itupun menggunakan sistem listrik di mana asap akan dialirkan ke sistem penyimpanan.

Untuk jenis pesawat lainnya, mereka akan mempacking makanan yang akan diberikan ke penumpang. Makanan itu telah dimasak di tempat yang ditunjuk perusahaan.

Untuk kamu yang ingin beli tiket pesawat online, cek Reservasi.com ya! Di sana banyak promo-promo menarik lho.

Dwi Rian

About Dwi Rian -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :